My Photos

Friday, January 7, 2011

Contoh Kasus: FREEWAY FORD

FREEWAY FORD

Anda seorang wiraniaga  Automobile Software Inc.Suatu perusahaan Internasional yang memasarkan  suatu paket perangkat lunak yang digunakan oleh dealer mobil. Suatu hari selagi anda berbicara  dengan James Kahler, manajer penjualan Free Ford anda mengetahui bahwa  Perusahaannya memiliki  masalah dengan persediaannya. Catatan manual yang mereka buat  tidak mencerminkan secara akurat status  persediaan, jumlah dan jenis  mobil dan truk dipelataran. Saat pengiriman baru tiba, diperlukan beberapa hari untuk memperbaruui catatan persediaan. Seorang wiraniaga mungkin  mendapatkan  pembeli yang menginginkan suatu mobil tertentu, dan mungkin mobil  tersebut baru diterima  dan ada dipelataran, tetapi wiraniaga ini tidak dapat mengetahuinya. Sebuah penjualan gagal karena informasi  yang buruk. Masalah lain timbul ketika dua wiraniaga  menjual mobil  yang sama kepada dua pembeli. Hal ini terjadi karena catatan persediaan tidak segera diperbarui setelah  suatu penjualan.

Anda tahu bahwa paket paket perangkat lunak anda, yang biasa disebut SMART (Sales Management For Automobile Retail Trade), dapat memecahkan permasalahan ini. Dengan SMART, suatu dealer dapat memperbarui catatan komputer selalu mencerminkan secara tepat  apa yang terdapat dipelataran. Biaya perangkat lunak dan perangkat keras  sangat terjangkau oleh suatu dealer  mobil terbaru.

Langkah anda selanjutnya  adalah mendekati direktur FREEWAY FORD yang baru, Phil Rain, dan melancarkan penjualan. Saat anda menelpon Phil untuk menjelaskan produk  Anda, Ia memotong Anda berkata: ”Dengar, saya masih baru dalam jabatan ini. ”Saya baru lulus dari suatu universitas ternama di Pesisir Pasifik, dengan kesarejanaan dalam teori sistem. Jika Anda dpat menjelaskan  bagaimana Produk Anda dapat membantu kami ,dalam istilah–istilah sistem, saya pikkir saya dapat mengerti sekarang, Jelaskanlah.”


Jawab:
Saya akan menjelaskan kepada dia, begini:
  • Apakah yang dimaksud dengan SMART?
SMART adalah Sales Management For Automobile Retail Trade yaitu suatu Software yang handal untuk menangani persediaan barang dagang di perusahan dealer mobil bapak.

  • Apakah keuntungannya Jika bapak memakai SMART?
Keuntungannya adalah:
1.      SMART memiliki Database yang cukup besar dan handal
2.      SMART dapat diakses secara cepat
3.      Bapak tidak akan mempunyai masalah lagi dengan persediaan, semuanya sudah tercover secara sistematis dan cepat.
4.      Bapak dapat mengetahui secara detail dan cepat tentang Jumlah barang, saldo akhir, jenis barang dan masih banyak lagi.
5.      Begitu ada barang masuk atau keluar, bapak bisa langsung mengetahui semua kondisi tentang barang tersebut, termasuk juga Saldo Akhir dari tiap2 jenis barang, dalam hitungan detik. Bapak bisa tes nanti.
6.      Data selalu terupdate dengan cepat, tidak perlu menunggu lama.
7.      Oleh karena itu mekanisme penjualan bapak selalu berhasil dan tidak pernah akan gagal lagi, disebabkan karena lambatnya informasi persediaan.
8.      Dan yang terakhir, biaya pembelian Software dan Hardware ini terjangkau sekali untuk perusahaan dealer mobil bapak.
9.      Bapak boleh bandingkan dimana pun juga, harga dengan kualitas seperti ini.
10. Dengan teknologi ini, keuntungan bapak bisa sampai 500%/bulan, dapat menggungguli kompetitor-kompetitor bapak.
11. Dengan harga yang saya tawarkan, dan MOU yang telah disepakati, bapak bisa memonopoli software ini, dan saya tidak akan bisa menjual software ini ke dealer lain.
12. Garansi seumur hidup.

No comments: